Main menu

ANGGARAN DASAR
NISSAN EVALIA COMMUNITY
BAB I
NAMA DAN KEDUDUKAN SERTA WAKTU
Pasal 1

NAMA DAN KEDUDUKAN

1. Perkumpulan ini bernama Nissan Evalia Community, selanjutnya disingkat N.E.C.
2. N.E.C berkedudukan di Jakarta, Ibukota Negara Republik Indonesia dan dapat memiliki perwakilan-perwakilan di seluruh Indonesia.

Pasal 2
WAKTU

N.E.C didirikan 14 September 2012 hingga waktu yang tidak ditentukan.

BAB II
Pasal 3

ASAS N.E.C berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

 BAB III
MAKSUD DAN TUJUAN SERTA KEGIATAN
Pasal 4
MAKSUD DAN TUJUAN

N.E.C adalah sebuah wadah bagi pemilik, pengguna, penggemar dan pemerhati Nissan Evalia yang ada diseluruh Indonesia. Komunitas tempat berhimpunnya pengguna Nissan Evalia yang mempunyai maksud dan tujuan di bidang Sosial dan Kemanusiaan.
Pasal 5
KEGIATAN

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut Nissan Evalia Community melakukan kegiatan sebagai berikut :
1. Menghimpun dan mengkoordinir para pemilik, pemakai, pemerhati atau pun penikmat kendaraan roda empat dari varian Nissan Evalia, dalam suatu wadah atau perkumpulan sehingga terbentuk kekeluargaan antara sesama anggota pada khususnya dan antar sesama pemakai kendaraan pada umumnya.
2. Meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan kreatifitas para anggota mengenai teknik ataupun pengetahuan umum mengenai dunia otomotif.
3. Berbagi informasi dan pengetahuan dalam merawat, memodifikasi, memperbaiki dan mengendarai mobil dari varian Nissan Evalia.
4. Menyelenggarakan kegiatan otomotif, kegiatan sosial maupun kegiatan yang lainnya dan bekerjasama dengan pihak lain dalam rangka pelaksanaan kegiatan tersebut.
5. Saling menghormati sesama anggota N.E.C dan saling membantu sesama anggota.
6. Ikut serta dalam menciptakan iklim disiplin dan tertib berlalulintas, serta mengkampanyekan safety driving.
7. Menjalin hubungan baik dengan seluruh Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) di Indonesia serta dengan jaringan dealer-dealernya, Ikatan Mobil Indonesia (IMI), organisasi-organisasi dan/atau,  
perkumpulan-perkumpulan otomotif lainnya, serta bengkel-bengkel yang berada baik di dalam maupun di luar negeri.

 

BAB IV
VISI DAN MISI
Pasal 6
VISI

1. N.E.C organisasi yang bersifat independen dan mandiri yang berfungsi sebagai wadah komunikasi, koordinasi dan konsultasi bagi para anggotanya untuk meningkatkan kemampuan dan saling pengertian di antara sesama anggotanya;
2. Menjalin kerjasama dengan pihak lain.

 Pasal 7
MISI

1. Misi N.E.C adalah mengupayakan peningkatan apresiasi dan kemampuan para anggota, memberikan sumbangan pikiran, tenaga dan waktu, baik untuk kegiatan otomotif, kegiatan sosial maupun kegiatan yang lainnya serta menjadi masyarakat otomotif yang berperilaku otomotif yang positif, baik dan benar sesuai dengan etika dan norma yang berlaku.
2. Pertemuan rutin bulanan diadakan untuk menumbuhkan dan membina minat dalam bidang otomotif serta membina komunikasi di antara para pengurus dan anggota N.E.C

 

BAB V
LAMBANG PERKUMPULAN, MAKNA LAMBANG DAN ATRIBUT
Pasal 8
LAMBANG PERKUMPULAN

1. Lambang perkumpulan secara nasional:
2. Lambang perkumpulan di tiap wilayah diatur dan disesuaikan dengan wilayah masing-masing dengan persetujuan pengurus pusat.

Pasal 9
MAKNA LAMBANG

1. Lambang dan tulisan N.E.C mendefinisikan Nissan Evalia sebagai karakter pilihan Kendaraan dan sebagai komunitas/klub otomotif.
2. Warna MERAH mempunyai arti BERANI, memaknai semangat keberanian Perkumpulan untuk menjadi perkumpulan yang modern, dinamis dan inovatif.
3. Warna PUTIH mempunyai arti SUCI, memaknai semangat Perkumpulan yang dalam kegiatannya selalu dilandasi semangat kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
4. Selain lambang N.E.C dengan warna resmi MERAH dan PUTIH, lambang N.E.C juga dapat menggunakan paduan warna lain dengan persetujuan pengurus pusat.

Pasal 10
ATRIBUT

1. Atribut yang resmi digunakan adalah kemeja dengan logo perkumpulan yang dibuat dan diproduksi oleh pengurus pusat.
2. Adapun atribut lain selain atribut resmi yang akan diproduksi oleh chapter, korwil ataupun individu harus melalui persetujuan pengurus pusat.

BAB VI
ORGANISASI
NISSAN EVALIA COMMUNITY
Pasal 11
KELENGKAPAN ORGANISASI

N.E.C mempunyai Organisasi yang terdiri dari :
1. Dewan Pendiri.
2. Dewan Penasehat.
3. Pengurus Pusat terdiri dari Ketua Umum, Wakil ketua Umum, Sekretaris Jendral, Bendahara dan bidang-bidang yang dibutuhkan.
4. Chapter terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua.
5. Korwil terdiri dari satu kordinator.
6. Anggota.

Pasal 12
ANGGOTA

Anggota N.E.C adalah anggota perorangan, yaitu individu Warga Negara Indonesia atau Asing yang sudah mendaftar dan memenuhi syarat-syarat keanggotaan.

Syarat-syarat anggota N.E.C adalah sebagai berikut :
1. Warga Negara Indonesia atau Asing yang sudah dewasa menurut hukum dan tidak tersangkut dalam organisasi terlarang Indonesia.
2. Syarat-syarat lain tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga.

 Pasal 13
HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA

Hak dan Kewajiban anggota N.E.C adalah sebagai berikut :
1. Anggota N.E.C mempunyai hak suara dalam Munas dan Munaslub.
2. Anggota N.E.C mempunyai hak memilih dan dipilih menjadi Pengurus atau Penasehat.
3. Anggota N.E.C mempunyai kewajiban untuk ikut aktif melaksanakan program kerja N.E.C dan memberikan dukungan positif agar maksud dan tujuan N.E.C dapat tercapai.
4. Anggota N.E.C mempunyai kewajiban moral terhadap nama baik N.E.C.
5. Anggota N.E.C dapat berhenti karena alasan sebagai berikut :
a. Permintaan sendiri secara tertulis.
b. Meninggal Dunia.
c. Diberhentikan berdasarkan keputusan Rapat Pleno Pengurus.
6. Hak dan Kewajiban anggota N.E.C lain tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga.

Pasal 14
ANGGOTA KEHORMATAN

1. Anggota Kehormatan adalah perorangan yang karena pengetahuan dan pengalamannya di bidang otomotif, atau karena keahlian tertentu yang dimilikinya, atau karena jasanya terhadap pengembangan Nissan Evalia Community, dipandang perlu untuk diangkat menjadi Anggota Kehormatan.
2. Syarat-syarat dan tata cara untuk menjadi Anggota Kehormatan serta hak dan kewajibannya diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.

Pasal 15
PENGURUS

Pengurus adalah individu yang dipandang layak menjabat sebagai Pengurus N.E.C dan harus memenuhi syarat-syarat yang diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.
Pemilihan Pengurus :
1. Pengurus N.E.C dipilih dari anggota Nissan Evalia Community dan terdiri sekurang-kurangnya, sebagai berikut :
a. Ketua.
b. Wakil.
c. Sekretaris.
d. Bendahara.
2. Dalam hal diangkat lebih dari 1 (satu) orang Ketua, maka 1 (satu) orang di antaranya diangkat sebagai Ketua Umum.
3. Dalam hal diangkat lebih dari 1 (satu) orang Wakil Ketua, maka 1 (satu) orang di antaranya diangkat sebagai Wakil Ketua Umum.
4. Dalam hal diangkat lebih dari 1 (satu) orang Sekretaris, maka 1 (satu) orang di antaranya diangkat sebagai Sekretaris Jendral.
5. Dalam hal diangkat lebih dari 1 (satu) orang Bendahara, maka 1 (satu) orang di antaranya diangkat sebagai Bendahara Umum.
6. Pengurus Pusat, Chapter dan Korwil dipilih dan dibentuk oleh Ketua Umum terpilih melalui hak preogratifnya.
7. Ketua Umum dipilih langsung oleh anggota melalui Pemilihan Umum dengan teknis dan mekanisme yang diatur kemudian.
8. Pengurus N.E.C dipilih dan diangkat dalam Rapat Pleno Pengurus yang diadakan khusus untuk pemilihan dan pengangkatan Pengurus.
9. Bilamana ada kekosongan dalam posisi Pengurus, maka kekosongan tersebut diisi menurut keputusan Rapat Pleno Pengurus, selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan setelah terjadinya kekosongan tersebut, pengangkatan demikian hanya berlaku untuk sisa masa jabatan anggota Pengurus yang digantikan;
10. Masa jabatan Pengurus N.E.C adalah 2 (dua) tahun dan dapat dipilih dan diangkat kembali untuk masa jabatan kedua. Sesudah itu baru dapat dipilih dan diangkat kembali setelah tenggang waktu 1 (satu) periode.

 Pasal 16
HAK DAN KEWAJIBAN PENGURUS

Hak dan Kewajiban Pengurus N.E.C :

1. Menjalankan tugas kewajibannya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
2. Mengatur seperlunya dalam Aturan Rumah Tangga hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar ini;

3. Membuat Peraturan-peraturan yang dianggap perlu dan berguna untuk N.E.C dan tidak boleh bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;4. Mengatur urusan umum dan melaksanakan keputusan-keputusan Rapat Umum Anggota;
5. Bertanggung jawab kepada Musyawarah Nasional atas segala pekerjaan yang menjadi kewajibannya.6. Selambat-lambatnya 6 (enam) bulan setelah akhir tahun kalender yang juga menjadi tahun buku N.E.C, Pengurus wajib memberikan pertanggungjawaban dari tahun yang lalu kepada Musyawarah Nasional.7. Pengurus N.E.C berhak untuk melakukan segala tindakan baik yang merupakan kepengurusan untuk menandatangani surat-surat resmi N.E.C.

 Pasal 17
RAPAT PENGURUS

1. Rapat pengurus dapat diselenggarakan setiap waktu jika dianggap perlu oleh ketua bersama anggota pengurus lainnya.
2. Rapat pengurus dapat diselenggarakan apabila tercapai kuorum yakni dihadiri lebih dari 1/2 (satuperdua) jumlah anggota pengurus N.E.C. jika kuorum tidak tercapai maka dilakukan panggilan kedua dan Rapat pengurus kedua dianggap sah tanpa memperhatikan kuorum.
3. Rapat pengurus dipimpin oleh ketua pengurus, jika ketua pengurus tidak hadir atau berhalangan, maka Rapat pengurus dipimpin oleh salah seorang anggota pengurus.
4. Rapat pengurus mengambil keputusan secara musyawarah mufakat. Apabila dengan cara demikian tidak tercapai maka keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak dari suara yang dikeluarkan sah, setiap anggota pengurus N.E.C berhak mengeluarkan 1 (satu) suara.

Pasal 18
PENASEHAT

Penasehat adalah individu yang dipandang layak duduk sebagai Pengawas dan bertugas melakukan pengawasan serta memberikan nasihat kepada Pengurus dalam menjalakan kegiatannya.
1. Penasehat N.E.C terdiri sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang.
2. Penasehat N.E.C dipilih dan diangkat dalam Rapat pengurus yang diadakan khusus untuk pemilihan dan pengangkatan Penasehat.
3. Bilamana ada kekosongan dalam posisi Penasehat, maka kekosongan tersebut diisi menurut keputusan Rapat Pengurus, selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan setelah terjadinya kekosongan tersebut, pengangkatan demikian hanya berlaku untuk sisa masa jabatan anggota Penasehat yang digantikan;
4. Masa jabatan Penasehat N.E.C adalah 2 (dua) tahun dan dapat dipilih dan diangkat kembali untuk masa jabatan kedua. Sesudah itu baru dapat dipilih dan diangkat kembali setelah tenggang waktu 1 (satu) periode.

Pasal 19
HAK DAN KEWAJIBAN PENASEHAT

Hak dan Kewajiban Penasehat N.E.C :
1. Penasehat wajib dengan itikad baik dan penuh tanggungjawab menjalankan tugas tugas pengawasan terhadap Pengurus sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
2. Penasehat berwenang memeriksa dokumen, memeriksa pembukuan dan mencocokan dengan uang kas, serta mengetahui segala tindakan yang telah dijalankan oleh Pengurus dan memberikan peringatan kepada Pengurus.

 BAB VII
FORUM TERTINGGI PERKUMPULAN
Pasal 20
MUSYAWARAH NASIONAL (MUNAS)  DAN MUSYAWARAH LUAR BIASA (MUNASLUB)

1. MUNAS N.E.C merupakan Forum Tertinggi perkumpulan di Nissan Evalia Community.
2. MUNAS N.E.C dianggap sah apabila dihadiri oleh minimal 1/2+ 1 dari seluruh peserta yang ada.
3. Bila point 2 tidak terpenuhi, maka akan dilakukan musyawarah kedua tanpa memperhitungkan kuorum kehadiran.
4. Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB) N.E.C merupakan Forum Tertinggi Perkumpulan selain MUNAS.
5. Syarat-syarat lain tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga.

BAB VIII
KEUANGAN
Pasal 21
SUMBER KEUANGAN

Sumber-sumber keuangan N.E.C diperoleh dari:

1. Iuran Anggota N.E.C
2. Sumbangan-sumbangan dari pihak ketiga yang bersifat tidak mengikat, termasuk sponsorship dan kerjasama kemitraan.
3. Pendapatan-pendapatan lain yang sah secara hukum negara Republik Indonesia, termasuk penggalangan dana.
4. Chapter dan Korwil diperbolehkan menerima sumbangan dari pihak ketiga dengan persetujuan Ketua Umum.

Pasal 22 ANGGARAN KEUANGAN

Anggaran Keuangan N.E.C direncanakan, diperhitungkan dan dilaporkan setiap tahun, sedangkan pengaturannya ditetapkan dalam Anggaran Rumah Tangga N.E.C.

Pasal 23 LAPORAN KEUANGAN

1. Tahun Buku Laporan Keuangan N.E.C dimulai dari 01 Januari setiap tahunnya sampai dengan 31 Desember (dalam 1tahun) berikutnya dan pembukuannya dibuat setiap bulan.
2. Laporan Keuangan N.E.C dapat diaudit setiap tahun oleh akuntan publik bila dianggap perlu oleh Musyawarah Nasional.
3. Laporan Keuangan N.E.C bersifat terbuka untuk diketahui oleh anggota.

BAB IX
ANGGARAN RUMAH TANGGA
Pasal 24

1. Pengurus N.E.C harus membuat Anggaran Rumah Tangga untuk mengatur hal-hal yang belum atau tidak cukup diatur dalam Anggaran Dasar ini.
2. Untuk pertama kali, Anggaran Rumah Tangga ditetapkan oleh Pengurus N.E.C. Untuk selanjutnya, setiap perubahan Anggaran Rumah Tangga harus disetujui oleh Musyawarah Nasional sebelum berlaku.
3. Anggaran Rumah Tangga tidak boleh memuat ketentuan-ketentuan yang bertentangan dengan Anggaran Dasar, karena merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dan komplementer dari hal-hal yang sepenuhnya belum diatur dalam Anggaran Dasar.
4. Anggaran Rumah Tangga dan perubahannya harus konsisten dengan Anggaran Dasar.

BAB X
PEMBUBARAN DAN PENUTUP
Pasal 25
PEMBUBARAN NISSAN EVALIA COMMUNITY

Nissan Evalia Community bubar karena :

1. Tujuan N.E.C yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar tidak tercapai.
2. Alasan sebagaimana dimaksud dalam jangka waktu yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar berakhir;
3. Putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
4. Dalam hal N.E.C bubar, Pengurus menunjuk likuidator untuk membereskan kekayaan N.E.C.
5. Kekayaan sisa hasil likuidasi diserahkan kepada Perkumpulan lain yang mempunyai maksud dan tujuan yang sama dengan N.E.C.
6. Dalam hal kekayaan sisa hasil likuidasi tidak diserahkan kepada Perkumpulan lain atau Badan Hukum lain, kekayaan tersebut diserahkan kepada Negara dan penggunaannya dilakukan sesuai dengan maksud dan tujuan perkumpulan yang bubar.

PENUTUP
Pasal
26

1. Anggaran Dasar ini disusun dan ditetapkan dalam pendirian N.E.C.
2. Perubahan-perubahan dan penyempurnaan atas Anggaran Dasar N.E.C dilakukan sebagai upaya penyesuaian bagi perkembangan dan kebutuhan.
3. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar ini akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.

 

 ANGGARAN RUMAH TANGGA
NISSAN EVALIA COMMUNITY
BAB I
KEANGGOTAAN
Pasal 1
Pendaftaran dan Persyaratan

1. Semua warga negara Republik Indonesia, dan atau Warga Negara Asing yang memiliki ijin tinggal resmi dari pemerintah Republik Indonesia, dapat menjadi Anggota Nissan Evalia Community.
2. Pendaftaran untuk menjadi anggota Nissan Evalia Community dilakukan secara terpusat, melalui website : www.evalia.or.id atau surat menyurat yang alamatnya ditentukan kemudian oleh pengurus, dengan persyaratan dan ketentuan sebagai berikut :
• Mengisi formulir pendaftaran anggota, dan memiliki kendaraan Nissan Evalia pada saat pengajuan permohonan.
• Tidak sedang menjadi anggota club/komunitas kendaraan Nissan Evalia lainnya.
• Melengkapi data yang diperlukan dengan sebenar-benarnya.
• Melakukan pembayaran biaya pendaftaran anggota, yang jumlahnya ditentukan oleh pengurus.
• Data kendaraan yang disampaikan oleh Pemohon mengenai nomor polisi, nomor mesin dan nomor rangka kendaraan, tidak ganda/duplicate dengan anggota keluarga lainnya dalam satu alamat rumah/tempat tinggal yang sama.

Pasal 2
Anggota Nissan Evalia Community

Pengurus menetapkan Pemohon menjadi :
1. Anggota Biasa
Anggota biasa ditentukan oleh pengurus, dengan memenuhi persyaratan sebagaimana diterangkan dalam pasal 1, Anggaran Rumah Tangga.
2. Anggota Kehormatan
• Anggota Kehormatan, ditentukan oleh Rapat Pengurus karena potensi, keinginan, kemauan, dan kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut untuk menjaga, membangun, dan mengembangkan serta berkontribusi aktif kepada perkumpulan.
• Anggota Kehormatan tidak harus memiliki Nissan Evalia, dan beberapa persyaratan sebagaimana tercantum untuk Anggota Biasa, dapat dikecualikan, atas dasar pertimbangan dan keputusan pengurus dan sah setelah terdaftar dalam Database Pusat Keanggotaan Nissan Evalia Community.
3. Keputusan permohonan menjadi anggota Nissan Evalia Community yang diajukan oleh pemohon, diterima atau ditolak, sepenuhnya merupakan hak dari pengurus, tanpa harus menjelaskan alasannya, baik lisan maupun tertulis.
4. Pengunduran diri anggota Nissan Evalia Community dilakukan secara tertulis dan dikirimkan ke e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan atau dikirimkan melalui pos ke alamat sekretariat.
5. Pemutihan anggota dan nomor anggota Nissan Evalia Community yang sudah mengundurkan diri ditentukan oleh pengurus dan melakukan registrasi ulang sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 Anggaran Rumah Tangga.
6. Anggota Nissan Evalia Community yang mendaftarkan diri di Club/Komunitas Nissan Evalia lainnya maka status keanggotaan dapat dicabut oleh pengurus.

 

Pasal 3
HAK

Setiap anggota N.E.C mempunyai hak yang sama dalam :

1. Menyampaikan pendapat, saran, usul dan pertanyaan baik secara lisan maupun tertulis.
2. Memilih, dipilih dan mencalonkan diri baik dalam hal penyusunan kepengurusan.
3. Mengikuti setiap kegiatan yang diadakan oleh Nissan Evalia Community.
4. Mendapatkan fasilitas :
a. Kartu Tanda Anggota (KTA) yang berlaku selama 2 tahun dan dapat diperpanjang.
b. Stiker resmi N.E.C dan nomor anggota.
c. Akses ke media sosial yang dibuat oleh pengurus pusat.

 

Pasal 4
KEWAJIBAN

Setiap anggota N.E.C berkewajiban :
1. Menjunjung tinggi dan menjaga nama baik Nissan Evalia Community (N.E.C).
2. Mentaati segala ketentuan AD/ART dan peraturan yang berlaku di N.E.C.
3. Memasang dan memakai atribut identitas resmi yang dipublikasikan oleh pengurus, seperti sticker dan seragam N.E.C.
4. Membantu pengurus dalam menjalankan roda perkumpulan Nissan Evalia Community.
5. Memperjuangkan dan mengamankan kebijakan Nissan Evalia Community.
6. Mencegah setiap usaha dan tindakan yang dapat merugikan kepentingan Nissan Evalia Community.
7. Berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan Nissan Evalia Community.
8. Membayar iuran Keanggotaan dan lain-lain berdasarkan kepentingan Nissan Evalia Community.
9. Menghadiri rapat-rapat Nissan Evalia Community.
10. Melaksanakan keputusan-keputusan yang telah diambil baik dalam MUNAS dan atau MUNASLUB dan atau Rapat Kepengurusan.
11. Melepas sticker Nissan Evalia Community apabila kendaraannya sudah diganti kepemilikannya.
12. Setiap Anggota N.E.C dilarang :
a. Melakukan perbuatan tercela, seperti menghina, membuat keributan, menghasut dan atau menyebabkan ketidakharmonisan diantara Anggota.
b. Merangkap keanggotaan pada club/komunitas Nissan Evalia lainnya.
c. Melakukan kegiatan yang terkait politik dalam kegiatan N.E.C.

 

Pasal 5
HILANGNYA KEANGGOTAAN

Keanggotaan N.E.C dapat hilang karena:
1. Meninggal dunia.
2. Mengundurkan diri atas permintaan sendiri.
3. Dipecat dari keanggotaan atas keputusan MUNAS dan atau MUNASLUB dan atau Rapat Pleno Pengurus akibat dari perbuatan yang mencemarkan nama baik dan atau merugikan perkumpulan.
4. Dicabut keanggotaan karena pelanggaran Anggaran Dasar dan atau Anggaran Rumah Tangga.  

 

BAB II
FORUM TERTINGGI PERKUMPULAN
Pasal 6
MUSYAWARAH NASIONAL (MUNAS)

1. MUNAS N.E.C merupakan Forum Tertinggi perkumpulan di Nissan Evalia Community.
2. MUNAS N.E.C dilaksanakan satu kali dalam periode kepengurusan yaitu selama 2 tahun.
3. MUNAS N.E.C dianggap sah apabila dihadiri oleh minimal 1/2+ 1 dari seluruh peserta yang ada.
4. Bila point 3 tidak terpenuhi, maka akan dilakukan musyawarah kedua tanpa memperhitungkan kuorum kehadiran.
5. Wewenang
a. Membahas dan menetapkan amandemen AD/ART dan peraturan-peraturan lainnya.
b. Mendengarkan laporan pertanggungjawaban Pengurus Pusat yang dibacakan oleh Ketua Umum atau diwakili.
c. Menilai laporan pertanggungjawaban Pengurus Pusat selama menjalankan kepengurusannya dan mendemisi-onerkannya.
d. Menetapkan Ketua Umum terpilih.
e. Menetapkan Agenda Sidang dan Tata Tertib Persidangan MUNAS N.E.C.

 

Pasal 7
MUSYAWARAH NASIONAL LUAR BIASA (MUNASLUB)

1. Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB) N.E.C merupakan Forum Tertinggi Perkumpulan selain MUNAS.
2. Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB) N.E.C dilaksanakan jika ada pelanggaran dan atau perubahan AD/ART dan atau peraturan lainnya, serta di usulkan oleh sekurang-kurangnya ½ + 1 chapter yang ada.
3. Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB) N.E.C dianggap sah apabila dihadiri oleh minimal 1/2+ 1 dari seluruh peserta yang ada.
4. Bila point 3 tidak terpenuhi, maka Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB) dapat dilakukan atas persetujuan peserta MUNASLUB yang hadir.
5. Wewenang
a. Membahas dan menetapkan amandemen AD/ART dan peraturan lainnya.
b. Memilih dan menetapkan Pejabat sementara Ketua Umum sampai terpilihnya pimpinan definitif.
c. Menetapkan Agenda dan Tata Tertib Persidangan MUNASLUB.

6. Hal-hal yang berlaku di MUNAS berlaku pula pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB).

 

BAB III
PENGURUS PUSAT
Pasal 8
NAMA

Pengurus Pusat Nissan Evalia Community selanjutnya disebut PP N.E.C.

Pasal 9
KEDUDUKAN

PP N.E.C berkedudukan sebagai pengurus tertinggi ditingkat nasional.

Pasal 10
PERAN DAN FUNGSI

1. PP N.E.C berperan sebagai pengambil dan penentu kebijakan secara nasional.
2. PP N.E.C berfungsi untuk menampung dan memperjuangkan aspirasi anggota secara nasional.

Pasal 11
STRUKTUR PENGURUS

Struktur Pengurus Pusat minimal terdiri dari:

a. Ketua Umum.
b. Wakil Ketua Umum.
c. Sekretaris Jenderal.
d. Bendahara.
e. Divisi atau bidang sesuai kebutuhan.

 

Pasal 12
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Tugas dan tanggung jawab pengurus masing-masing ditetapkan sebagai berikut :

1. Ketua Umum :
-
Menetapkan arah dan kebijakan perkumpulan secara umum berdasarkan AD/ART.
-
Mengajukan perubahan AD/ART Nissan Evalia Community dalam rapat anggota dan atau Musyawarah Nasional.
-
Mengamankan ketentuan-ketentuan yang dihasilkan dalam MUNAS dan atau MUNASLUB dan atau Rapat Kepengurusan.

2. Wakil Ketua Umum :
-
Menjalankan kewajiban dan tugas ketua saat berhalangan.
-
Memberikan pertimbangan resiko kepada ketua umum atas keputusan dan atau kebijakan yang ditetapkan.
-
Membantu Ketua Umum mengamankan ketentuan-ketentuan yang dihasilkan dalam MUNAS dan atau MUNASLUB dan atau rapat kepengurusan.

3. Sekretaris Jendral :
- Memimpin dan mengendalikan segala bentuk operasional perkumpulan.
-
Sebagai pelaksana harian dalam menjalankan program-program perkumpulan sebagaimana ditetapkan dalam MUNAS dan atau MUNASLUB dan atau rapat kepengurusan.
-
Melaksanakan fungsi koordinasi Nissan Evalia Community secara keseluruhan, baik ke dalam maupun keluar.
- Menyelenggarakan fungsi pengelolaan administrasi dan tata usaha perkumpulan.
-
Memberikan bantuan administrasi bagi para pengurus, termasuk didalamnya proses surat menyurat dengan kebijaksanaan manager.
-
Mengambil keputusan-keputusan dalam rangka operasional Nissan Evalia Community dengan tetap memperhatikan ketentuan AD/ART.
- Dalam pelaksanaan tugas, bertanggungjawab penuh kepada Ketua Umum.

4. Bendahara :
- Menjalankan fungsi pengelolaan keuangan Nissan Evalia Community sesuai dengan AD/ART.
-
Menyusun anggaran kebutuhan dana Nissan Evalia Community melalui koordinasi dengan masing-masing bidang.
- Menyusun laporan keuangan secara periodik setiap 3 bulan sekali.
-
Menyiapkan pertanggungjawaban keuangan, yang akan dilaporkan oleh pengurus pada MUNAS dan atau MUNASLUB dan atau rapat kepengurusan.
- Dalam pelaksanaan tugas, bertanggungjawab penuh kepada Sekjen.

5. Bidang-bidang diatur dalam ketetapan lainnya berdasarkan kebutuhan.

Pasal 13
HAK DAN KEWAJIBAN PP N.E.C

Pengurus Pusat mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan anggota lainnya.

Pasal 14

Ketua Umum tidak diperkenankan rangkap jabatan di perkumpulan lain sejenis.

Pasal 15

Mekanisme kerja PP N.E.C diatur dalam Mekanisme perkumpulan dan tidak bertentangan dengan AD/ART N.E.C.

Pasal 16

Kekuasaan tertinggi perkumpulan N.E.C berada pada Ketua Umum N.E.C.

Pasal 17
MASA JABATAN

1. Masa jabatan Ketua umum adalah Selama Satu periode Kepengurusan atau Dua (2) tahun setelah itu dapat dipilih kembali pada periode berikutnya.
2. Masa jabatan ketua umum maksimal Dua (2) kali periode.
3. Pemberhentiaan sebagai pengurus dilakukan karena:
a. Atas permintaan sendiri secara lisan atau tertulis.
b. Meninggal dunia.
c. Ketidak aktifan dalam rapat ataupun kegiatan.
d. Melanggar hak, kewajiban, tugas dan wewenang Pengurus pusat.

 Pasal 18
PEMILIHAN PENGURUS

1. Pengurus Pusat, Chapter dan korwil dipilih dan dibentuk oleh ketua umum terpilih melalui hak preogratifnya.
2. Ketua Umum dipilih langsung oleh anggota melalui mekanisme Pemilihan Umum.
3. Untuk pemilihan Pengurus berdasarkan kemampuan, bisa bekerja sama dengan baik serta kontribusi terhadap N.E.C.

Pasal 19
MUSYAWARAH DAN RAPAT

1. MUNAS dilakukan dalam satu periode kepengurusan.
2. Selama periode kepengurusan berisi rapat-rapat yang terdiri dari :
a. Rapat Pleno.
b. Rapat Pengurus.
c. Rapat Koordinasi.
3. Rapat Pleno
a. Rapat pleno merupakan rapat yang dihadiri oleh seluruh pengurus, ketua chapter dan korwil.
b. Rapat pleno dapat dilakukan atas usulan ketua umum dan atau pengurus.

4. Rapat Pengurus.
Rapat pengurus adalah rapat yang dihadiri oleh ketua umum, Ketua Chapter dan korwil untuk mengadakan serta merumuskan agenda rapat dan kebijakan Nissan Evalia Community.

5. Rapat Koordinasi dilakukan untuk mensosialisasikan suatu kegiatan.
1. Melaksanakan dan menjunjung tinggi segala ketetapan MUNAS dan atau Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB) dan atau Rapat Kepengurusan Nissan Evalia Community.
2. Memberikan usul, pendapat, dan saran kepada Pengurus Pusat.
3. Dapat mewakili perkumpulan baik kegiatan internal maupun organisasi luar.
4. Dapat menjalin koordinasi dengan Pengurus pusat dan komunitas lain.
5. Dapat mengajukan usulan peraturan untuk perkumpulan.

BAB IV
CHAPTER DAN KORWIL
Pasal 20
KEDUDUKAN

Chapter dan Korwil berkedudukan di daerah sesuai dengan keputusan pengurus pusat dengan mekanisme dan pertimbangan yang ada.

Pasal 21
TUGAS DAN WEWENANG
Pasal 22
SUSUNAN KEPENGURUSAN

1. Chapter terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua.
2. Korwil terdiri dari satu kordinator.
3. Bertanggung jawab kepada Ketua umum.
4. Masa jabatan Chapter dan Korwil selama satu periode kepengurusan dan dapat diganti atau diberhentikan.

BAB V
HAL-HAL PERATURAN LAINNYA
Pasal 23
PEMBENTUKAN DAN PEMBUBARAN CHAPTER & KORWIL

1. Chapter dapat dibentuk dengan syarat:
a. Keanggotan minimal 15 orang yang dibuktikan dengan tanda tangan dan KTA.
b. Disahkan pada saat MUNAS dan atau MUNASLUB dan atau rapat lainnya.

2. Korwil dapat dibentuk dengan syarat :
a. Mempertimbangkan jarak dan lokasi.
b. Keanggotaan minimal 5 orang dibuktikan dengan tanda tangan dan KTA.
c. Disahkan pada saat MUNAS dan atau MUNASLUB dan atau rapat lainnya.

 

BAB VI
KEUANGAN
Pasal 24

Sumber dana keuangan diperoleh dari :
a. Biaya registrasi.
b. Hasil penjualan merchandise.
c. Dana dari sponsor.
d. Sumber lain yang tidak mengikat.
e. Perimbangan Keuangan digunakan untuk:
• Pengurus Pusat 70%.
• Chapter dan korwil 30% dan atau berdasarkan kebutuhan.

f. Seluruh pengelolaan keuangan dilakukan oleh bendahara umum dan dilaporkan ke anggota setiap tiga (3) bulan melalui ketua chapter dan atau korwil.
g. Penjualan merchandise atau produk lainnya hanya bisa dilakukan melalui pengurus pusat atau bidang yang ditunjuk dengan ketentuan keuntungan maksimal 10% untuk KAS perkumpulan.

BAB VII
PERATURAN ADMINISTRASI DAN KOMUNIKASI
Pasal 25
SURAT MENYURAT

1. Menggunakan kertas A4, 80 g/m2 dengan marjin kiri dan kanan 3,15 cm, dan marjin atas dan bawah 2,54 cm (default MS Word).
2. Menggunakan font Arial ukuran 11.
3. Menggunakan kop surat 

Pasal 26
PROPOSAL KEGIATAN

Sistematika penulisan proposal kegiatan:

Pasal 27
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN

Sistematika penulisan laporan pertanggung jawaban kegiatan:
1. Pendahuluan
2. Landasan Kegiatan
3. Nama Kegiatan
4. Tema Kegiatan
5. Tujuan Kegiatan
6. Sasaran Kegiatan
7. Peserta Kegiatan
8. Waktu dan tempat
9. Materi Kegiatan
10. Hambatan-hambatan
11. Rekomendasi dan solusi
12. Jadwal acara/ kegiatan
13. Anggaran Kegiatan
14. Panitia Kegiatan
15. Penutup yang ditandatangani oleh:
• Ketua Pelaksana
• Sekretaris Pelaksana
• Ketua Umum

 

Pasal 28
KOMUNIKASI

1. Bentuk komunikasi yang digunakan adalah media sosial, SMS dan telepon.
2. Media sosial yang resmi adalah media sosial yang dibentuk dan dibuat oleh pengurus pusat.
3. Bentuk pengelolaan media sosial, ketua umum dapat menunjuk admin sesuai kebutuhan termasuk menjadikan chapter dan korwil sebagai admin pengelolaan media sosial.
4. Adapun media sosial yang tidak sesuai dengan poin nomor dua (2) maka bukanlah media sosial resmi dan diluar tanggung jawab pengurus pusat.

 

BAB VIII
MEKANISME DAN PERALIHAN
Pasal 29

1. Pengurus pusat memiliki jalur koordinatif dengan chapter dan korwil.
2. Dalam pelaksanaan kegiatan terpusat yang dilaksanakan oleh Pengurus pusat, chapter dan korwil wajib mendukung kegiatan tersebut.
3. Segala ketentuan yang dibuat tidak bertentangan dengan AD/ART N.E.C.
4. Pengurus Pusat berkewajiban mengikutsertakan chapter dan korwil dalam setiap pengambilan kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan perkumpulan.

 

Pasal 30

Perubahan dan pergantian ART N.E.C hanya bisa dilakukan pada Musyawarah Nasional (MUNAS) dan atau Musyawarah Nasional Luar Biasa (MUNASLUB) Nissan Evalia Community (N.E.C).


BAB IX
PENUTUP
Pasal 31

1. ART ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari AD Nissan Evalia Community (N.E.C).
2. Hal-hal yang belum diatur dalam ART ini akan diatur kemudian dalam ketetapan dan keputusan lainnya.

 

 

Contact Us

  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.